Tuesday, May 20, 2008

Gambaran hasil Konseling Kegiatan pada Penderita TB Paru

GAMBARAN HASIL KEGIATAN KONSELING PADA PENDERITA TB PARU
DI DESA CIKALAHANG KECAMATAN DUKUPUNTANG
KABUPATEN CIREBON TAHUN 2007

Heni Fa’riatul Aeni
Staf Pengajar DIII Kesehatan Lingkungan
STIKes Cirebon

Abstrak
Di Indonesia penyakit TB merupakan masalah utama, hasil Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) menunjukkan bahwa penyakit TB merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah penyakit kardiovaskuler dan penyakit saluran pernapasan pada semua kelompok usia dan nomor satu dari golongan penyakit infeksi.
Desa Cikalahang merupakan salah satu desa dari 13 desa yang berada di wilayah kerja Puskesmas Dukupuntang dengan jumlah penderita TB Paru terbanyak dibanding dengan desa yang lain.
Namun dalam penelitian ini penulis hanya mengambil mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan penyakit TB Paru di desa Cikalahang yang di lihat dari tiga variabel, yaitu variabel pengetahuan, perilaku, dan kondisi lingkungan.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan data yang diperoleh diambil dengan cara wawancara langsung dengan panduan kuesioner, serta dilakukan observasi kondisi lingkungan terhadap responden TB paru yang berjumlah 8 responden.
Dari hasil penelitian tersebut diperoleh keadaan; pengetahuan responden termasuk kategori baik dan kurang baik sama masing-masing 50%, perilaku responden termasuk kategori kurang baik sebesar 87,5%, dan kondisi lingkungan termasuk kategori baik dan kurang baik seimbang masing-masing sebesar 50 %.
Untuk mengatasi keadaan tersebut, maka perlu diadakan suatu usaha peningkatan pengetahuan, perilaku, dan terutama kondisi lingkungan para respon TB paru yaitu salah satunya dengan cara memberikan penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Kata Kunci: Konseling, TB Paru

0 comments:

KOMENTAR ANDA