Tuesday, May 20, 2008

Studi Karakteristik Penderita Kanker Serviks

STUDI KARAKTERISTIK PENDERITA KANKER SERVIKS
DI RUMAH SAKIT KANKER DHARMAIS
TAHUN 1998 – 2000

Cucu Herawati
Staf Pengajar Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat
STIKes Cirebon

Abstrak
Kanker serviks merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di Indonesia karena menempati urutan pertama penyakit keganasan pada wanita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik penderita kankers serviks di Rumah Sakit Kanker Dharmais Tahun 1998 – 2000.
Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan desain cross sectional, jenis data sekunder yang berasal dari cacatan medik penderita Kanker Serviks, sampel yang digunakan adalah seluruh penderita Kanker Serviks di Rumah Sakit Kanker Dharmais tahun 1998-2000. pengolahan data menggunakan komputer dengan analisa univariat.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan, sebagian besar penderita berusia sama atau lebih 40 tahun (82,6%), penderita kebanyakan memiliki pendidikan 1 – 12 tahun (77,7%), sebagian besar memiliki paritas sama atau kurang dari 4 (39,8%) dan didapatkan 3 orang penderita tidak mempunyai anak, penderita yang datang berobat sebagian besar pernah mendapatkan pengobatan sebelumnya (55,9%), ditemukan penderita sebagian besar berada pada stadium lanjut (51,3%).
Saran peneliti sebaiknya perlu digalakan skrining, bagi pihak Rumah Sakit Kanker Dharmais hendaknya nmeningkatkan penyuluhan kesehatan atau pemasaran sosial, perlunya melengkapi data- data yang tidak lengkap serta adanya pelaksana khusus atau jelas dengan diberikan pelatihan sebelumnya, sebaiknya diadakan penelitian-penelitian lebih lanjut demi pengembangan penelitian khususnya penelitian yang berhubungan dengan Kanker Serviks.
Kata Kunci : Kanker Serviks

1 comment:

  1. Dapatkan solusi pengobatan kanker secara alami
    Penyembuhan Cancer Alami, Aman dan
    Murah, dan Banyak Yang Sudah Sembuh
    Hanya di http://obatkankers.blogspot.com/
    Kontes Banner Berhadiah $ 5.000
    Cukup hanya dengan memasang banner gratis di blog, blogspot, wordpress, multiply, friendster. Ingin tahu lebih jauh? Lihat di sini klik HOT
    • Mau cari Gosip artis Indonesia hot
    Luna Maya, Ariel, Julia Perez, Sandra Dewi Dewi Persik, Sarah Azhari, Agnes Monica
    • Cari lirik lagu Indonesia favorit
    • Resensi Film dan Trailer terbaru
    • Ribuan Game-game Seru
    • Zona khusus wanita (Sexy & Sharp)
    • Lagu-lagu Indonesia terbaik
    • Info Sepak Bola dan bursa Mobil?
    • Mau mejeng sambil cari jodoh
    http://obatkankers.blogspot.com/
    ingat klik bagian HOT di sebelah kanan blog good luck

    ReplyDelete

KOMENTAR ANDA